Selasa, 02 Desember 2014

IKATAN KIMIA DAN STRUKTUR LEWIS

Pendahuluan
Air merupakan materi yang penting bagi kehidupan. Air tersusun dari unsur-unsur hidrogen dan oksigen. Tanpa kita sadari bahwa kita sedang berhadapan dengan contoh aplikasi dari unsur-unsur yang berikatan, yang kemudian membentuk senyawa. Senyawa kimia terbentuk dari dua atau lebih atom yang bergabung atau berikatan satu sama lain. Atom-atom tersebut terikat satu sama lain dalam senyawa akibat adanya gaya ikatan kimia. Apa yang dimaksud dengan ikatan kimia? Bagaimana unsur-unsur tersebut dapat berikatan sehingga dapat membentuk senyawa?
Ikatan kimia merupakan sebuah proses fisika yang bertanggungung jawab dalam gaya interaksi tarik menarik antara dua atom atau molekul yang menyebabkan suatu senyawa diatomik atau poliatomik menjadi stabil. Secara umum, ikatan kimia dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:
Struktur Lewis
Struktur Lewis adalah struktur yang menunjukkan ikatan - ikatan antar atom dalam suatu molekul. 
Ciri-ciri Struktur Lewis:
Struktur Lewis menunjukkan adanya pasangan elektron bebas pada atom yaitu pasangan elektron yang tidak terlibat dalam ikatan dan muatan formal yang terjadi akibat pemakaian elektron dalam ikatan.
Penulisan Struktur Lewis
1.      Meletakkan satu unsur dengan elektronegativitas yang terendah sebagai pusatnya
2.  Menghitung jumlah total elektron valensi ( ditambah 1 elektron untuk muatan negatif dan dikurangi 1elektron untuk muatan positif ).
3.      Melengkapai aturan oktet untuk semua atom kecuali H
4.    Jika jumlah total elektron struktur lebih banayk dari jumlah total elektron valensi, maka buat ikatan rangkap pada pusat atom.
5.      Jika terdapat keelbihan elektron, tempatkan pada atom pusat.
Contoh: :
Penulisan struktur Lewis untuk HCl , H2O dan CO2
:

Penulisan struktur Lewis ion karbonat:


0 komentar:

Posting Komentar